13 Oktober 2014

Semakin dekat dengan pelanggan

Suara Sirine meraung-raung mencoba memecah kemacetan pada siang itu, dengan kecepatan penuh mobil pemadam kebakaran bergegas pergi ke lokasi kebakaran di suatu pemukiman di Bandung. Kebakaran yang terjadi pada siang hari tersebut menghanguskan belasan rumah dan menimbulkan kerugian yang besar bagi pemiliknya. Walaupun belum diketahui penyebab sebenarnya kebakaran tersebut, biasanya pihak berwenang langsung berasumsi bahwa arus pendek listrik menjadi penyebabnya. Korslet Listrik selalu dijadikan penyebab utama dalam kebakaran, padahal kita tahu faktor manusia justru lebih dominan dalam suatu musibah.

Ilustrasi kebakaran (sumber : bandung.bisnis.com )

Banyaknya kasus kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek sebenarnya bisa membuat pihak PLN lebih perhatian dengan masalah ini, menurut hemat penulis salah satu solusinya adalah PLN membuat peralatan listrik yang sesuai dengan spesifikasi dan standar keamanan atau PLN berkerja sama dengan perusahaan nasional untuk dijadikan mitra dalam memproduksi peralatan listrik yang disesuaikan dengan standar SNI dan PLN. Karena banyak dikalangan masyarakat dalam proses instalasi listrik, mereka membeli komponen listrik berdasarkan harga yang murah tanpa memperdulikan spesifikasi apakah sesuai dengan kapasitasnya atau tidak. Dalam penggunannya pun mereka tidak memperdulikan keamanan atau beban listrik terhadap komponen tersebut, yang penting ringkas dan bisa dipakai. Oleh karena itu, PLN bisa memberikan pilihan tepat kepada masyarakat tentang komponen atau peralatan listrik yang sudah disesuaikan dengan standar SNI dan spesifikasi dari PLN sehingga alat tersebut dipastikan aman untuk digunakan.

Pemukiman padat di Cihampelas Bandung (dok. Pribadi)

Selain hal tersebut di atas, edukasi terhadap para pelanggannya sangat dibutuhkan karena pengetahuan masyarakat terhadap instalasi dan penggunaan listrik sangat kurang, PLN harus lebih sering mengadakan penyuluhan yang ditambah dengan hiburan agar bisa menyedot perhatian masyarakat sehingga tujuan utama memberikan pengetahuan tentang listrik bisa sesuai harapan dan tepat sasaran. Penyuluhan sebaiknya dilakukan di tempat-tempat yang padat serta rentan terhadap bahaya kebakaran seperti di pasar-pasar atau perumahan yang padat penduduk. Selain itu bisa PLN bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan jasa pemasangan instalasi listrik secara gratis sekaligus percontohan tentang penggunaan komponen yang sesuai dengan standar SNI dan spesifikasi. Hal tersebut tidak saja menambah pengetahuan terhadap listrik tetapi juga mempererat jalinan emosional dan kerjasama antara PLN dengan pelanggannya. 

Sebagai penutup, penulis mengucapkan terima kasih kepada blogdetik yang secara konsisten mengadakan lomba penulisan blog yang berkerja sama dengan pihak lain, sehingga para blogger bisa terus mengasah kemampuan dalam menulis dan memperbaharui konten blognya. Dan tentu saja kepada pihak PLN yang selama ini menerangi dan membuat dunia lebih berwarna karena tanpa listrik, tulisan ini tak mungkin ada dan perkembangan peradaban dan teknologi di Indonesia mungkin akan terus dalam kegelapan. Akhir kata selamat ulang tahun Perusahaan Listrik Negara yang ke 69 semoga terus berjaya dan menerangi semua pelosok Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar